Cara Kerja Mesin Induk Kapal
mesin induk kapal terdiri dari 2 bagian yaitu
- mesin diesel
- mesin bensin
Mesin Diesel
mesin diesel adalah Sebuah mesin pemicu
kompresi,dimana bahan bakar
dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi
lain (seperti busi).
Mesin Bensin
Mesin Bensin adalah Suatu mekanisme atau
konstruksi mesin yang mengubah energi panas
dari bahan bakar menjadi energi gerak.
Mesin diesel atau bensin dibagi lagi menjadi 2 yaitu mesin 4 tag dan 2 tag
mesin 4 tag
mesin 4 tag yaitu Sebuah mesin dimana
untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat
proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi
kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
cara kerja mesin 4 tag:
- Hisap Prosesnya adalah ;1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder3. Kruk As berputar 180 derajat4. Noken As berputar 90 derajat5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
- kompresiProsesnya sebagai berikut :
1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber)4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat)6. Noken as mencapai 180 derajat - usahaProsesnya sebagai berikut :1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat6. Putaran Noken As 270 derajat
- Buang
Prosesnya adalah ;1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder3. Kruk As berputar 180 derajat4. Noken As berputar 90 derajat5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
Mesin 2 tag
Mesin pembakaran
dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua
langkah piston, berbeda
dengan putaran
empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam
satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses
(intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga
terjadi
Cara kerja 2 tag :
1. Hisap dan Kompresi
Piston bergerak ke atas. Ruang dibawah piston
menjadi vakum/hampa udara, akibatnya
udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan campuran
bahan bakar yang sudah berada di ruang
atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik
temperatur dan tekanannya menjadi
terbakar dan meledak.
2. Usaha dan buang
Hasil dari pembakaran tadi membuat piston
bergerak ke bawah. Pada saat piston
terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga
campuran udara dan bahan bakar yang
berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran
bilas. Sementara sisa hasil pembakaran
tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar